Lombok Barat Menuju WTP ke 3

Giri menang, 8 Februari 2017 –  Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lombok Barat (Lobar) H. Joko Wiratno, SE, MM hari ini (8/02/2017) menerima rombongan dari BPK RI perwakilan Nusa Tenggara Barat sejumlah 5 orang yang membidangi soal pengendali tekhnik.  Rombongan tersebut dipimpin oleh bapak Sulis di ruang rapat Jayengrane Kantor Bupati Lobar. Kedatangan mereka untuk pemeriksaan data keuangan di setiap SKPD lingkup Pemkab Lombok barat.
“Kami telah meminta seluruh bendahara untuk memanfaatkan waktu yg ada dengan optimal agar semua bentuk laporan keuangan sehingga kegiatan bisa rampung terkumpul sesuai jadwal, yaitu bulan Maret mendatang,” jelas Joko Wiratno dalam sambutannya.
Dalam rangka memastikan hal tersebut, Kepala SKPD baru ini pun menghimbau kepada SKPD  yang belum mengerti agar mengkonfirmasi dan bertanya ke BPKAD atau BPK. “Jangan ditunda ketidakmengertiannya dan jika ada masalah carikan solusinya,” tambahnya.
Semua laporan yang akan diperiksa adalah bentuk nyata komitmen bersama antara Bupati dengan BPK.
Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid beberapa waktu yang lalu pun telah menegaskan kepada semua kepala SKPD agar memberi perhatian khusus soal ini. “Kita harus mampu mempertahankan raihan WTP 2 tahun berturut lalu,” ujar beliau saat dilaporkan agenda kedatangan BPK ini beberapa waktu lalu.

Pemeriksaan SKPD, oleh Ibu Diah salah seorang anggota tim, dibatasi sampai bulan Maret dan pemeriksaan secara menyeluruh akan dilakukan pada bulan April untuk setahun pengeluaran.
Adapun materi yang diperiksa adalah Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) terkait biaya operasional, pembayaran  listrik, ATK pengadaan dan konsultan pengawas, perencana dan pajak. Untuk itu ia meminta seluruh bendahara untuk membantu selama pemeriksaan sesuai komitmen bersama.
Selain itu untuk laporan SPPD dalam daerah dan luar daerah, masih ada yang belum memberikan laporannya padahal batasnya telah lewat, yaitu tanggal 3 Februari lalu.
Berikut daftar SKPD yang dibatasi pengumpulan laporannya sampai siang antara lain, Dikpora, Tata kota, Bappeda, Dishub, BLH, BKBPP, Dinas Sosial, Dinas Perijinan, BPBD, Setda, Sekwan, Dinas PPKAD, Kantor Camat Sekotong, Kantor Camat Lembar, Kantor Camat Gerung, Kantor Camat Kuripan, Bappeluh, Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan. (Dedy/Humas)