Persiapan Uji Coba Transaksi Non Tunai Pemkab Lobar

GIRI MENANG_ 23 Oktober 2017. Dalam rangka penerapan sistem transaksi nontunai di setiap transaksi yang akan  dilaksanakan di pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Pemkab Lobar mengadakan rapat persiapan uji coba transaksi non tunai yang diadakan di Aula Kantor BPKAD Lombok Barat.

Kepala Badan Pengelolaan  Keuangan dan Aset  Daerah (BPKAD) Lobar H. Joko Wiratno, SE selaku pimpinan rapat mengatakan akan ada Lima OPD yang akan menjadi uji coba penerapan transaksi nontunai yakni BKD, BAPENDA, BAPPEDA, BPKAD dan  Sekretariat Daerah Lombok Barat.

Dikatakannya lagi, kebijakan penerapan sistem transaksi non-tunai ini sesuai dengan Peraturan Presiden dan Peraturan Menteri Dalam Negeri yang saat ini sudah diberlakukan. Transaksi nontunai, memberikan beberapa dampak positif antara lain, mengurangi risiko saat mengambil uang di bank, mencegah terjadinya pungutan liar, semua transaksi tercatat, termasuk pajak serta mengurangi peredaran uang.

“Dengan sistem transaksi nontunai, berapa triliun biaya cetak uang bisa dihemat negara, karena semua pembayaran bermain pada sistem elektronik,” ujarnya.

Menyinggung tentang persiapan fasilitas, H. Joko Wiratno mengatakan, semua fasilitas pendukung disiapkan oleh Bank NTB termasuk untuk pembutan rekening tabungan bagi semua aparatur sipil negara (ASN) juga sudah rampung.

Menurutnya lagi, kemajuan teknologi yang mendukung transaksi non tunai mengakomodir transaksi pembayaran untuk menyimpan data dan bukti transaksi dalam sistem elektronik.”Jadi, transaksi non tunai ini sebagai jawaban untuk kebutuhan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah,” katanya.

“Dengan demikian, direncanakan mulai akhir tahun 2017  belanja barang dan jasa, maupun untuk gaji  pegawai dengan batas Rp. 2 Juta ke atas harus menggunakan transaksi nontunai,” katanya.