Rapat Evaluasi Transaksi Non Tunai Pemkab Lobar

GIRI MENANG, 13 NOVEMBER 2017_ Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Lombok Barat telah melakukan percobaan transaksi Non Tunai sesuai dengan kebijakan penerapan sistem transaksi non-tunai yang diatur dalam  Peraturan Presiden dan Peraturan Menteri Dalam Negeri yang saat ini sudah diberlakukan. Transaksi nontunai, memberikan beberapa dampak positif antara lain, mengurangi risiko saat mengambil uang di bank, mencegah terjadinya pungutan liar, semua transaksi tercatat, termasuk pajak serta mengurangi peredaran uang.

Dalam hal ini Lima OPD yang dijadikan percobaan transaksi Non Tunai telah melakukan transaksi Non Tunai sejak tanggal 1 November 2017 kemarin. Ke -lima OPD tersebut adalah Sekretariat Daerah Lombok Barat, Badan Kepegawaian Daerah dan Sumberdaya (BKD), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Badan Pendapatan Daearh ( BAPENDA).

Hadir dalam rapat ini aantara lain, Kepala Bappeda Lombok Barat, Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan BPKAD Lombok Barat, ke – lima OPD terkait dan perwakilan dari PT. BANK NTB. Dalam rapat Evaluasi ini kelima OPD diberikan waktu untuk memberikan penjelasan tentang ada tidaknya kendala dalam masa percobaan Transaksi Non Tunai yang telah dilaksanakan sejak tanggal 1 November 2017.

Dari hasil diskusi dalam rapat ini dapat disimpulkan bahwa Percobaan Transaksi Non Tunai pada ke – lima OPD berlajan dengan baik dan lancar dan belum ditemukan kendala yang berarti dan dengan demikian mulai Januari Tahun 2018 Seluruh OPD di Kabupaten Lombok Barat seyogyanya telah siap menerapkan Transaksi Non Tunai baik itu Belanja Pegawai, Barang dan Jasa dan Honor- honor lainnya.